Sukses menjalankan presentasi adalah hal yang wajib dilakukan oleh setiap presenter. Anda sebagai seorang presenter menyajikan presentasi dihadapan banyak orang, baik apakah Anda mengenal mereka, ataukah mereka mengenal Anda? Selain penampilan yang penuh percaya, Anda pun perlu kesiapan mental untuk berdiri berbicara di hadapan banyak orang.

Sukses Menjalankan Presentasi

Tidak sedikit orang yang menyajikan presentasi power point di hadapan banyak orang merasa “demam panggung” atau gugup untuk berbicara karena malu atau belum terlatih. Saat duduk di bangku kuliah, rasa percaya diri seseorang tetap prima karena mereka hanyalah berdiri berbicara di hadapan teman-teman mereka seperti biasanya. Suasana formal pun tetap ada, karena mereka sukses menjalankan presentasi dengan bimbingan dosen mereka. Bila ada satu kesalahan dalam presentasi, seorang guru atau dosen tetap mengarahkan dan memberikan jawaban yang benar. Lalu bagaimana saat kita meninggalkan bangku kuliah dan masuk ke lingkungan kantor atau pekerjaan kita?

Semua bekal pendidikan yang kita dapatkan di bangku sekolah dan kuliah kita bawa sesuai dengan jenjang program studi pendidikan. Bekal pendidikan, berupa ilmu yang kita dapatkan adalah bekal untuk memberikan manfaat bagi kita, dan banyak orang.  Jenjang pendidikan yang telah kita lalui telah menempa kita hingga menjadi manusia yang bermanfaat sekarang ini. Oleh karena itu, pergunakan sebaik mungkin waktu yang diberikan untuk mengembangkan potensi diri masing-masing.

Sukses Menyajikan Materi

Saat berada di lingkungan masyarakat, seseorang akan mencari pekerjaan sesuai dengan bidang pendidikannya. Ada yang bekerja menjadi pegawai kantoran, ada pula yang bekerja mengembangkan usaha mereka sendiri. Namun semuanya tujuan dari pendidikan adalah untuk mengembangkan potensi diri. Potensi diri ini dikembangkan agar bermanfaat bagi diri sendiri, lingkungan masyarakat dan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Di lingkungan pekerjaan, kantor tempat kita bekerja, adalah salah satu wadah untuk meningkatkan potensi dan pengetahuan sesuai jenjang pendidikan yang dimiliki. Sebuah kantor, memiliki struktur organisasi yang teratur sesuai dengan peraturan perusahaan. Jam kerja, jabatan, dan gaji yang diberikan telah ditetapkan. Tugas dan tanggung jawab semua pegawai/karyawan tertulis jelas sesuai dengan aturan yang berlaku.

Setiap karyawan harus memberikan laporan berupa tugas dan tanggung jawab yang diembannya. Oleh karena itu, setiap bulannya, pimpinan atau kepala perusahaan mengadakan rapat bulanan membahas evaluasi perkembangan perusahaan yang telah dicapai. Perkembangan perusahaan ini juga menilai evaluasi pencapaian visi dan misi yang dimiliki oleh perusahaan tersebut.

Sukses Menyajikan Presentasi

Untuk sukses menyajikan presentasi, dibutuhkan alat penunjang presentasi. Alat presentasi ini terdiri dari: LCD proyektor, screen atau layar proyektor, dan wireless laser pointer. Semua alat penunjang presentasi ini wajib dimiliki oleh tiap-tiap kantor atau perusahaan yang rutin mengadakan rapat tiap bulan. Tanpa salah satu alat penunjang presentasi tersebut, jalannya presentasi terkesan tidak efisien dan performa presenter menjadi turun dihadapan para audience.

Untuk presenter yang belum mengenal wireless laser pointer, sebuah remote presenter untuk mengontrol slide presentasi sebaiknya Anda memilikinya sekarang juga. Untuk sukses menjalankan presentasi, seorang dapat membeli pointer presentasi ini untuk memudahkan slide presentasi mereka. Metode presentasi telah berubah sejak hadirnya produk ini, karena presenter tidak perlu lagi duduk-berdiri di depan laptop mereka lagi.