Sebagai langkah awal dalam mempersiapkan presentasi, Anda harus membuat slide presentasi PPT. Presentasi PPT atau presentasi powerpoint adalah sebuah susunan slide demi demi yang berisikan materi yang akan Anda bawakan untuk disampaikan kepada audiens Anda.

Apa itu Presentasi PPT

Presentasi PPT adalah presentasi yang disusun menggunakan program Microsoft Office Powerpoint dengan sistem operasi Windows. Anda juga bisa membuat presentasi PPT menggunakan sistem operasi Mac.OS atau iOS menggunakan program yang tersedia di perangkat tersebut.

Presentasi Powerpoint berfungsi seperti tampilan slide show. Untuk menyampaikan pesan atau bahan materi, Anda memecahnya menjadi beberapa slide. Pikirkan setiap slide sebagai halaman seperti buku pelajaran yang Anda baca yang berisi gambar dan teks.

Dengan demikian, seorang presenter saat mempersembahkan bahan materi mereka untuk audiens/pemirsa, mereka harus mengumpulkan materi tersebut dari sumber yang terpercaya. Dengan demikian, para audiens, mendapatkan edukasi yang baik dan benar sesuai materi yang Anda susun di slide powerpoint Anda.

Menyusun Presentasi Anda

Powerpoint adalah software atau perangkat lunak presentasi atau tayangan slide yang banyak digunakan, yang diciptakan oleh Microsoft. Jutaan orang menggunakan software ini dalam presentasi dalam pengaturan apa pun, tidak peduli seberapa besar atau kecil tempat presentasi Anda.

Yuk, mari kita ketahui cara membuat presentasi powerpoint:

  • Persiapkan bahan materi Anda dari sumber yang terpercaya. Ini penting karena edukasi yang baik dan benar haruslah diperoleh dari sumber referensi yang dipercaya dan dapat dipertanggungjawabkan
  • Gunakan teks yang secukupnya sehingga audiens Anda tidak mudah bosan saat Anda menjelaskan materi Anda
  • Gunakan gambar yang menarik, tambahkan juga video ataupun animasi yang menarik. Audiens Anda akan senang melihat slide powerpoint disertai dengan animasi slide. Gambar yang menarik dan video akan memberikan penjelasan materi kepada audiens Anda secara visual untuk lebih mudah dimengerti.
  • Susunlah slide materi Anda secukupnya.
  • Perhatikan waktu saat Anda mempersembahkan bahan materi Anda. Lakukan presentasi materi Anda sesuai dengan waktu yang tersedia. Beri kesempatan audiens Anda untuk menyimaknya dengan seksama sehingga mereka memahami penjelasan Anda.
  • Beri waktu kepada audiens Anda untuk bertanya mengenai bahan materi yang Anda bawakan. Jawablah pertanyaan mereka dengan baik sehingga pengetahuan mereka bertambah.
  • Jangan lupa untuk mengirimkan soft copy dari file ppt Anda kepada audiens Anda sehingga mereka dapat membuka dan mempelajarinya kembali.