Apa Yang Perlu Anda Ketahui Tentang PPT: Apakah itu Presentasi Powerpoint?

Apa Yang Perlu Anda Ketahui Tentang PPT - Apakah itu Presentasi Powerpoint

Apa Yang Perlu Anda Ketahui Tentang PPT: Apakah itu Presentasi Powerpoint?

Jika Anda pernah bertanya pada diri sendiri, “Apakah itu presentasi Powerpoint?”, maka Anda beruntung karena dalam artikel ini, Anda akhirnya akan memiliki jawaban untuk pertanyaan Anda tersebut.

Apakah itu Powerpoint?

Pernahkah Anda diminta untuk melakukan presentasi slide, presentasi di komputer atau presentasi proposal? Jika sudah, kemungkinan Anda menggunakan Powerpoint untuk menyampaikan presentasi di depan kelas, pimpinan, mitra bisnis, atau bahkan investor potensial Anda.

Powerpoint adalah software atau perangkat lunak presentasi atau tayangan slide yang banyak digunakan, yang diciptakan oleh Microsoft. Jutaan orang menggunakan software ini dalam presentasi dalam pengaturan apa pun, tidak peduli seberapa besar atau kecil tempat presentasi Anda.

Faktanya, Microsoft Powerpoint mungkin perangkat lunak presentasi pertama yang muncul ketika orang diminta untuk mempresentasikan sesuatu di depan kelas atau rapat di perusahaan mereka.

Microsoft Powerpoint

Microsoft Powerpoint (atau singkatnya PPT) adalah program pokok dalam rangkaian software Microsoft Office dan dikemas dengan Microsoft Word dan Excel. Anda dapat menggunakan PPT pada Mac dan PC, atau sistem operasi komputer lain melalui Microsoft Office 365 (secara online dan berbasis cloud)

Dengan Powerpoint, Anda dapat dengan mudah menyampaikan maksud Anda, dan berbagi cerita dengan audiens Anda. Alih-alih mendeskripsikan produk Anda secara verbal, Anda dapat menunjukkan gambar produk Anda kepada orang lain.

Seperti kata pepatah, “sebuah gambar melukis seribu kata”. Dan dengan Powerpoint, Anda memiliki kekuatan untuk menyampaikan ribuan kata hanya dengan beberapa slide di tayangan slide Anda!

Selain menjadi perangkat lunak presentasi yang kuat, Powerpoint juga sangat fleksibel. Anda dapat menggunakannya untuk membuat banyak jenis file lain, seperti poster, infografis, video, PDF, dan fungsi lainnya.

Sejarah Singkat Powerpoint

Saya mungkin tidak akan salah jika saya mengatakan banyak orang berpikir bahwa Bill Gates yang telah menciptakan Powerpoint. Lagipula, ia mendirikan Microsoft, perusahaan perangkat lunak terbesar di dunia dan perangkat lunak yang kita kenal sekarang disebut Microsoft PowerPoint. Tapi sayangnya, dia bukanlah penciptanya.

Aplikasi Microsoft Powerpoint ini pertama kali dikembangkan oleh Bob Gaskins dan Dennis Austin sebagai Presenter untuk perusahaan bernama Forethought, Inc. yang kemudian mereka ubah namanya menjadi PowerPoint.

Pada tahun 1987, Powerpoint versi 1.0 dirilis, dan komputer yang didukungnya adalah Apple Macintosh. Pada waktu itu, Powerpoint masih menggunakan warna hitam/putih, yang mampu membuat halaman teks dan grafik untuk transparansi Overhead projector (OHP). Setahun kemudian, versi baru dari Powerpoint muncul dengan dukungan warna, setelah Macintosh berwarna muncul ke pasaran.

Microsoft pun mengakuisisi Forethought, Inc dan tentu saja beserta perangkat lunak Powerpoint dengan harga kira-kira 14 juta dolar pada tanggal 31 Juli 1987. Pada tahun 1990, versi Microsoft Windows dari Powerpoint (versi 2.0) muncul ke pasaran, mengikuti jejak Microsoft Windows 3.0. Sejak tahun 1990, Powerpoint telah menjadi bagian standar yang tidak terpisahkan dalam paket aplikasi kantoran Microsoft Office System (kecuali Basic Edition).

Versi terbaru adalah Microsoft Office Powerpoint 2013 (Powerpoint 15). Versi ini dirilis pada bulan Januari 2013, yang merupakan sebuah lompatan yang cukup jauh dari segi antarmuka pengguna dan kemampuan grafik yang ditingkatkan. Selain itu, dibandingkan dengan format data sebelumnya yang merupakan data biner dengan ekstensi *.ppt, versi ini menawarkan format data XML dengan ekstensi *.pptx

Kompatibilitas

Mengingat Microsoft Powerpoint merupakan program yang sangat populer, banyak aplikasi yang juga mendukung struktur data dari Microsoft Powerpoint, seperti halnya OpenOffice.org. Hal ini menjadikan program-program tersebut dapat juga digunakan sebagai alternatif untuk Powerpoint, karena selain tentunya dapat membuka format Powerpoint, aplikasi-aplikasi tersebut tentunya memiliki fitur-fitur untuk menyajikan presentasi Powerpoint Anda.

Dalam Microsoft Powerpoint, seperti halnya perangkat lunak pengolah presentasi lainnya, objek teks, grafik, video, suara dan objek-objek lainnya diposisikan dalam beberapa halaman individual yang disebut dengan “slide”. Setiap slide dapat pula dicetak atau ditampilkan dalam layar dan dapat dinavigasikan sesuai perintah.

Microsoft PowerPoint dapat menyimpan presentasi dalam beberapa format, yaitu sebagai berikut:

  • *.PPT (Powerpoint presentation), yang merupakan data biner dan tersedia dalam semua versi Powerpoint (termasuk Powerpoint 12)
  • *.PPS (Powerpoint Show), yang merupakan data biner dan tersedia dalam semua versi Powerpoint (termasuk Powerpoint 12)
  • *.POT (Powerpoint Template), yang merupakan data biner dan tersedia dalam semua versi Powerpoint (termasuk Powerpoint 12)
  • *.PPTX (Powerpoint Presentation), yang merupakan data dalam bentuk XML dan hanya tersedia dalam Powerpoint 12.

Share this post