Anak, Sang Buah Hati

Selain sebagai titipan dari Allah subhanahu wa ta’ala, anak adalah merupakan anugerah terindah yang diberikan. Seorang anak juga dapat membawa berkah dan rezeki dalam kehidupan kita sehari-hari. Karena anak merupakan titipan sang Maha Kuasa, maka orang tua mendidik dan menjadikan anaknya menjadi sosok pribadi yang berakhlak mulia dan baik sebagai langkah kaki sang buah hati.

Orang tua menanamkan pendidikan agama sejak dini agar saat dewasa nanti sang buah hati dapat membedakan mana hal yang baik dan mana yang buruk. Langkah kaki sang buah hati untuk mengetahui mana yang baik dan yang buruk membentuk karakter sang buah hati.

Kasih sayang dan perhatian diberikan untuk sang buah hati walaupun orang tua disibukkan dengan jam kerja. Seorang anak merupakan tanggung jawab besar yang harus diemban oleh kedua orang. Walaupun sang buah hati di didik di sekolah, tetapi untuk membentuk langkah kaki sang buah hati, mereka temukan di dalam keluarga.

Tumbuh Kembang Seorang Anak

Kedua orang tua harus selalu memperhatikan tumbuh kembang sang buah hati mereka dengan seksama. Sehingga kedua orang tua selalu mengarahkan apa yang dibutuhkan si anak dengan mengerti bahasa mereka. Kemampuan berpikir seorang anak sangat tinggi karena sistem saraf mereka belum dipenuhi dengan memori sepanjang hidup mereka. Kreatifitas yang tinggi dan daya nalar serta daya tangkap seorang anak unik.

Karena setiap anak yang dilahirkan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, orang tua harus jeli dan mengetahui potensi sang buah hati. Potensi seorang anak bisa dilatih dan dikembangkan, tetapi ada juga seorang anak yang dilahirkan memiliki potensi tertentu.

Misalnya, si A memiliki potensi di bidang matematika dan nilai Bahasanya kurang. Maka orang tua si A dapat membantu sang buah untuk belajar di bidang Bahasa. Ada juga si B, dengan potensi yang kurang di segala pelajaran saat SD, tetapi orang tua si B mengajarkan sang buah hati untuk belajar untuk mencapai kesuksesan di jenjang pendidikan selanjutnya.

Langkah Kaki Sang Buah Hati

Langkah kaki sang buah hati menentukan masa depan yang cerah untuk mereka. Dengan potensi yang unik dan dimiliki oleh setiap anak yang dilahirkan, potensi tersebut haruslah dikembangkan. Walaupun pendidikan formal dan informal memberikan banyak informasi untuk sang anak, pendidkan anak yang terbaik dimulai dari dalam sebuuah keluarga.

Bahasa si anak untuk menyampaikan suatu hal ke orang tua atau orang dewasa, kadang sulit dimengerti. Orang tua tidak selalu mengetahui bahasa mereka, karena si anak berbicara dengan bahasa isyarat. Suatu bahasa yang hanya dipahami oleh si anak. Tetapi apabila kita bisa bersabar dan berpikir sederhana, kita akan mulai mengerti bahasa mereka.

Komunikasi Dan Waktu Kebersamaan Di Dalam Keluarga

Anak dan kedua orang tua penting untuk selalu menjalin komunikasi. Sehingga sang anak mengetahui bahwa kedua orang tua mereka ada untuk mereka dan terus mendukung mereka. Waktu kebersamaan dengan keluarga adalah waktu yang sangat berharga. Karena waktu kebersamaan dengan keluarga lebih menghangatkan jiwa dan memberikan kenangan indah sepanjang kehidupan ini.