Apa itu Manajemen Strategi?

Manajemen Strategi

Apa itu Manajemen Strategi?

Pengertian Strategi

Kata Strategi berasal dari bahasa Yunani, yaitu dari kata “strategos” yang berarti “Komandan Militer”.¬†Strategi adalah pendekatan secara keseluruhan yang berkaitan dengan pelaksanaan gagasan, perencanaan, dan eksekusi sebuah aktivitas dalam kurun waktu.

Di dalam strategi yang baik terdapat koordinasi tim kerja, memiliki tema, mengidentifikasi faktor pendukung yang sesuai dengan prinsip-prinsip pelaksanaan gagasan secara rasional, efisien dalam pendanaan, dan memiliki taktik untuk mencapai tujuan secara efektif.

Strategi dibedakan dengan taktik yang memiliki ruang lingkup yang lebih sempit dan waktu yang lebih singkat, walaupun pada umumnya orang sering kali mencampuradukkan ke dua kata tersebut. Strategi sering dikaitkan dengan Visi dan Misi, walaupun strategi biasanya lebih terkait dengan jangka pendek dan jangka panjang.

Pada awalnya kata ini dipergunakan untuk kepentingan militer saja tetapi kemudian berkembang ke berbagai bidang yang berbeda seperti strategi bisnis, olahraga (misalnya sepak bola dan tenis), catur, ekonomi, pemasaran, perdagangan, manajemen strategi

Manajemen Strategi

Setelah mengetahui definisi strategi, maka selanjutnya kita perlu mengetahui apa itu manajemen strategi? Terdapat berbagai pengertian manajemen strategi menurut para pakar.

Pengertian Manajemen Strategi menurut R. Jauch dan William F. Glueck

Lawrence R. Jauch dan William F. Glueck (1988) mendefinisikan manajemen strategi sebagai berikut: “Manajemen Strategi merupakan arus keputusan dan tindakan yang mengarahkan pengembangan suatu strategi yang efektif atau strategis untuk mencapai sasaran perusahaan. Proses manajemen strategi adalah suatu cara bagaimana suatu strategi menentukan sasaran dan membuat keputusan strategis.

Pengertian Manajemen Strategi menurut Thomas L. Wheelen dan J. David Hunger

Thomas L. Wheelen dan J. David Hunger (1983) mendefinisikan manajemen strategi sebagai berikut: “Manajemen Strategi adalah serangkaian keputusan dan tindakan manajerial yang menentukan kinerja perusahaan dalam jangka panjang, termasuk formulasi strategi, implementasi dan evaluasi.

Pengertian Manajemen Strategi menurut Suwarsono

Menurut Suwarsono (1996) mendefinisikan manajemen strategi sebagai berikut: “Manajemen Strategik dapat diartikan sebagai usaha manajerial menumbuhkembangkan kekuatan perusahaan untuk mengekploitasi peluang bisnis yang muncul guna mencapai tujuan perusahaan yang telah ditetapkan sesuai dengan misi yang telah ditentukan.

Manfaat Manajemen Strategi

Setelah membahas makna strategi dan manajemen strategi, maka selanjutnya kita perlu mengetahui manfaat manajemen strategi tersebut.

Adapun manfaat manajemen strategi bagi suatu perusahaan diantaranya:

  • Memberi arah pencapaian tujuan organisasi perusahaan
  • Mengantisipasi perubahan
  • Membantu memikirkan kepentingan berbagai pihak
  • Meningkatkan keterlibatan berbagai pihak
  • Menghindari tumpang tindih kegiatan
  • Meningkatkan efektivitas dan efisiensi perusahaan

Share this post