Definisi Dana

Definisi Dana

Definisi Dana

Definisi dana ialah himpunan dari uang dalam jumlah tertentu dalam bentuk tunai maupun nontunai. Kata dana biasa digunakan dalam bisnis untuk menyebutkan istilah uang. Dana juga merupakan komponen utama dari analisis sebuah bisnis. Dalam artian yang lebih luas, dana juga bisa berarti modal usaha dalam menjalankan bisnis.

Dana Menurut Konsepnya

Dana adalah semua aset atau benda bergerak atau tidak bergerak, baik yang berwujud maupun yang tidak berwujud, yang diperoleh dengan cara apa pun dan dalam bentuk apa pun, termasuk dalam format digital atau elektronik, alat bukti kepemilikan, atau keterkaitan dengan semua aset atau benda tersebut, termasuk tetapi tidak terbatas pada kredit bank, cek perjalanan, cek yang dikeluarkan oleh bank, perintah pengiriman uang, saham, sekuritas, obligasi, bank draf, dan surat pengakuan utang

Bambang Riyanto dalam bukunya yang berjudul “Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan”, menjelaskan dana berdasarkan tiga konsep.

  • Konsep Kuantitatif. Konsep yang berdasarkan kuantitatif dana yang tertanam. Dana yang dimaksud dalam konsep ini adalah modal kerja bruto, yaitu keseluruhan dari pada aktiva lancar.
  • Konsep Kualitatif. Sebagian dari aktiva lancar yang bisa digunakan untuk membiayai perusahaan tanpa mengganggu likuiditasnya. Dana yang dimaksud dalam konsep ini adalah modal kerja netto yaitu yang merupakan kelebihan aktiva lancar di atas hutang lancarnya.
  • Konsep Fungsional. Konsep ini menyatakan tentang fungsi dari dana sebuah usaha, di mana dana ini difungsikan untuk menghasilkan keuntungan atau laba.

Pengelolaan Dana

Definisi dana ialah uang tunai dan atau aktiva lain yang segera dapat diuangkan yang tersedia atau disisihkan untuk maksud tertentu (fund).

Dalam mengelola dana untuk mendapatkan keuntungan atau laba dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu:

  • Pengelolaan Dana Jangka Pendek. Pengelolaan dana jangka pendek dimaksudkan untuk mendapatkan keuntungan atau laba dalam jangka waktu yang singkat. Misalnya, keuntungan per bulan dari usaha coffee shop.
  • Pengelolaan Dana Jangka Panjang. Pengelolaan dana jangka panjang berarti untung atau laba yang akan didapatkan dapat diambil dalam waktu lama. Umumnya, dalam waktu beberapa tahun. Bentuk aktiva tetap yang bisa digunakan untuk penggunaan dana jangka panjang adalah tanah, gedung, dan mesin.

Share this post