Pengertian Tabungan

Pengertian Tabungan

Pengertian Tabungan

Pengertian tabungan adalah simpanan uang perorangan atau suatu badan usaha pada bank dengan syarat-syarat yang sesuai ketentuan pihak bank. Tabungan bisa ditarik kapan saja tanpa batasan waktu, termasuk lewat ATM (Anjungan Tunai Mandiri), tetapi tidak bisa ditarik lewat bilyet giro, cek, dan alat penarik lainnya yang ditentukan bank.

Tabungan juga didefinisikan sebagai bagian dari pendapatan yang tidak dikonsumsi dan disimpan untuk keperluan di masa yang akan datang.

Sejumlah fasilitas yang kini nasabah terima saat menabung di bank biasanya meliputi buku tabungan, kartu ATM, layanan mobile banking & internet banking, dan layanan lain yang diberikan oleh masing-masing bank. Uang yang disimpan di dalam tabungan dapat ditarik dengan mudah kini lewat buku tabungan, slip penarikan, kartu ATM, mobile banking, dan sebagainya.

Keuntungan Menabung di Bank

Pengertian tabungan ialah simpanan yang penarikannya hanya dapat dilakukan menurut syarat tertentu yang disepakati, tetapi tidak dapat ditarik dengan metode cek, bilyet giro, dan atau alat lainnya yang dipersamakan dengan itu. Dengan kemajuan teknologi, tabungan pada zaman ini dapat ditarik dengan menggunakan kartu bank, ATM, atau melalui metode lainnya yang dikembangkan oleh bank.

Menabung di bank memiliki beberapa keuntungan dibandingkan bila kita menyimpan uang kita secara konvensional. Berikut ini adalah keuntungan menabung di bank:

  • Keamanan. Dalam hal ini, uang nasabah dijamin aman karena disimpan di dalam bank sehingga tidak rawan dicuri dan sistem keamanan bank yang berlapis. Bank juga bekerja sama dengan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) sehingga uang nasabah bisa tetap diambil jika ada masalah yang menimpa pihak bank.
  • Keuntungan dari Tabungan. Uang yang ditabung akan berkembang karena adanya bunga dari saldo tabungan nasabah. Untuk bank syariah, keuntungan didapat dengan sistem bagi hasil sesuai ketentuan aturan syariah yang berlaku.
  • Praktis. Kini sudah banyak kemudahan yang nasabah bisa dapatkan dari berbagai layanan perbankan seperti internet banking, mobile banking, penarikan uang lewat ATM, dan sebagainya. Transaksi dan penarikan uang bisa dilakukan semakin mudah.
  • Pengelolaan Uang yang Lebih Baik. Dengan adanya tabungan, diharapkan nasabah bisa terbiasa menyisihkan uangnya di bank dan memiliki perencanaan keuangan yang lebih terarah.

Persyaratan Menabung di Bank

Terdapat beberapa hal yang perlu dilakukan nasabah untuk memiliki tabungan di bank, antara lain:

  • Melengkapi formulir pembukaan tabungan.
  • Menyertakan bukti identitas diri dan dokumen lainnya yang diminta.
  • Melakukan setoran awal sesuai jumlah minimal dari ketentuan bank.
  • Membayar biaya administrasi.

Share this post