Pengertian Sistem Informasi Akuntansi

Pengertian Sistem Informasi Akuntansi

Pengertian Sistem Informasi Akuntansi

Seiring dengan semakin derasnya arus globalisasi, pertukaran informasi yang semakin cepat antar daerah dan negara, membuat peranan telekomunikasi menjadi sangat penting.

Saat ini, penggunaan Teknologi Informasi di perusahaan semakin meningkat, tidak hanya untuk proses operasional sehari-hari, tetapi sudah pada proses pengambilan keputusan. Bahkan, pada beberapa sektor industri, ketergantungan terhadap Teknologi Informasi sudah sangat besar seperti pada sektor perbankan dan keuangan.

Sistem Informasi Akuntansi

Sistem informasi akuntansi merupakan sebuah sistem informasi yang mengubah data transaksi bisnis menjadi informasi keuangan yang berguna bagi pemakainya.

Aktivitas sistem informasi yang utama adalah mengolah data menjadi informasi. Dalam konteks sistem informasi, data dipandang sebagai keterangan yang masih mentah. Data yang sudah diolah sesuai dengan kebutuhan (misalnya keperluan manajemen) disebut informasi.

Setiap pekerjaan atau kegiatan memerlukan data dan informasi, sebaliknya dengan adanya pekerjaan atau kegiatan akan menghasilkan data dan informasi baru. Untuk keperluan pekerjaan, baik yang bersifat administratif ataupun manajerial, data diolah terlebih dahulu menjadi informasi. Pengolahan tersebut disesuaikan dengan kebutuhan pekerjaan atau manajemen masing-masing.

Tujuan

Agar dapat digunakan untuk keperluan manajemen, maka data harus diolah dahulu ke dalam bentuk informasi yang sesuai dengan manajemen bersangkutan. Karena sering dikatakan bahwa data adalah bahan yang masih mentah.

Tujuan dari sistem informasi akuntansi adalah:

  • Mendukung operasional sehari-hari
  • Mendukung pengambilan keputusan manajemen
  • Memenuhi kewajiban yang berhubungan dengan pertanggungjawaban

Komponen-komponen yang terdapat dalam sistem informasi akuntansi adalah sebagai berikut:

  • Orang-orang yang mengoperasikan sistem tersebut
  • Prosedur-prosedur, baik manual maupun yang terotomatisasi, yang dilibatkan dalam pengumpulan, pemrosesan dan penyimpanan data aktivitas-aktivitas organisasi
  • Data tentang proses-proses bisnis
  • Software yang dipakai untuk memproses data organisasi
  • Infrastruktur teknologi informasi

Sistem Informasi Akuntansi dan Organisasi

Organisasi adalah sistem saling pengaruh-mempengaruhi antar orang dalam kelompok kerjasama untuk mencapai suatu tujuan tertentu yang sama. Tujuan organisasi secara keseluruhan tidak mungkin dijalankan oleh seorang tertentu saja.

Organisasi dapat diibaratkan sebagai kesatuan anggota tubuh manusia yang bekerja bersama-sama sehingga fungsi tubuh manusia dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

Didalam organisasi, sistem informasi akuntansi berfungsi untuk:

  • Mengumpulkan dan menyimpan aktivitas yang dilaksanakan di suatu organisasi, sumber daya yang dipengaruhi oleh aktivitas-aktivitas tersebut dan para pelaku aktivitas tersebut
  • Mengubah data menjadi informasi yang berguna bagi manajemen
  • Menyediakan pengendalian yang memadai

Sesuai dengan tingkat manajemennya masing-masing, mereka semakin menyadari bahwa informasi yang bernilai tinggi dapat membuat keputusan dengan lebih cepat, tepat dan benar.

TIdak dapat disangkal bahwa salah satu penyebab utama terjadinya era globalisasi yang datangnya lebih cepat dari dugaan semua pihak adalah karena perkembangan pesat teknologi informasi. Penggabungan antara teknologi komputer dengan telekomunikasi telah menghasilkan suatu revolusi di bidang sistem informasi.

Share this post