Segala tindakan atau kegiatan kita sudah pasti dilatari oleh keinginan. Keinginan kita menjadi alasan bagi kita untuk berbuat sesuatu.

Kehendak atau keinginan dalam sanubari kita itu seolah mendorong kita untuk melakukan tindakan demi tindakan tertentu. Keinginan yang berperan sebagai pendorong itu dinamakan motif.

Kata “motif” berasal dari bahasa Latin, motus yang artinya penggerak atau pendorong.

Segala kegiatan ekonomi pun tidak lepas dari keinginan yang melatarinya. Suatu kegiatan ekonomi pasti didasari oleh keinginan tertentu. Contohnya: sebuah penerbit mencetak buku-buku bermutu karena ingin ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa. Seseorang bekerja keras memimpin usaha demi menyediakan lapangan kerja. Seseorang bekerja paruh waktu agar dapat membayar uang kuliahnya.

Motif Ekonomi adalah alasan atau keinginan yang mendorong seseorang melakukan kegiatan ekonomi

Kalau kita perhatikan dengan seksama, usaha manusia dalam melakukan kegiatan ekonomi itu berbeda-beda dan beragam-ragam. Akibatnya, motif ekonomi yang melatarinya pun ada bermacam-macam. Bahkan, kegiatan ekonomi yang serupa pun dapat dilatari oleh motif ekonomi yang berbeda. Secara umum, motif yang melatari manusia melakukan kegiatan ekonomi terangkum sebagai berikut.

Ingin Memenuhi Kebutuhan dan Kemakmuran

Salah satu motif ekonomi yang mendorong kegiatan ekonomi ialah ingin memenuhi kebutuhan dan kemakmuran. Inilah motif dasar yang dimiliki manusia. Manusia memiliki suatu kebutuhan baik secara jasmani dan rohani. Apabila kedua hal itu terabaikan, manusia merasa martabatnya terganggu.

Manusia memerlukan sandang, pangan, dan papan untuk melanjutkan kehidupan mereka. Kebutuhan akan ketentraman, kedamaian, kerukunan, dan lainnya juga diperlukan.

Motif ekonomi ingin memenuhi kebutuhan dan kemakmuran merupakan motif dasar manusia

Ingin Membantu Kehidupan Keluarga

Manusia memiliki beragam kebutuhan. Kita sebagai manusia adalah makhluk sosial, kita hidup dalam tata aturan kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Dalam suatu lingkungan yang kecil yaitu dalam suatu keluarga, kita memiliki suatu motif ekonomi untuk membantu kehidupan keluarga kita.

Bekerja untuk membantu kehidupan keluarga contohnya: bekerja paruh waktu, berjualan online, membuka warung kopi atau kafe, dsb adalah beberapa contoh untuk membantu kehidupan keluarga di bidang ekonomi.

Ingin Mandiri dan Bertanggung Jawab

Permasalahan yang sering dihadapi oleh seseorang biasanya disangkutpautkan dengan permasalahan ekonomi. Salah satu motif ekonomi yang mendorong kegiatan ekonomi ialah ingin mandiri dan bertanggung jawab.

Bersifat mandiri ialah tidak bergantung pada orang lain dalam hal pemenuhan kebutuhan atau keinginan kita. Membangun usaha dalam skala kecil-kecil, yang kemudian dalam beberapa waktu kemudian bisa berkembang adalah keinginan untuk bersifat mandiri dan bertanggung jawab.

Usaha yang harmonis sesuai dengan bakat dan kemampuan kita, bisa dikembangkan mulai dari sekarang. Dorongan untuk bertanggung jawab, menjalankan usaha secara mandiri mudah dilakukan untuk melanjutkan kehidupan kita.