Berkat adanya pasar, kita dengan mudah memperoleh barang-barang dan layanan (jasa) sesuai kebutuhan kita. Demikian pula dengan orang lain, entah mereka itu sebagai konsumen ataupun produsen. Sebagai konsumen, mereka dengan gampang mendapatkan barang-barang konsumsi, seperti sayuran, makanan, dan bahan pakaian. Sebagai produsen, mereka dapat memperoleh alat-alat produksi yang diperlukan agar dapat melancarkan proses produksi.

Fungsi Pasar

Pasar umumnya memiliki tiga fungsi berikut ini:

Sarana Distribusi

Telah dibahas sebelumnya, suatu barang atau jasa hasil produksi akan tidak berguna bila tidak sampai ke tangan konsumen. Berkat adanya pasar, produsen dapat berhubungan langsung ataupun tidak langsung, untuk menawarkan hasil produksinya kepada konsumen.

Pasar dikatakan berfungsi baik apabila dinamika distribusi barang dan jasa dari produsen ke konsumen berjalan lancar. Gejala ini terungkap dengan banyaknya barang dan layanan (jasa) yang dibeli. Sebaliknya, pasar dikatakan tidak berfungsi apabila dinamika distribusi kerap macet atau berlangsung tidak dengan semestinya. Gejala ini tampak pada timbulnya banyak barang dan jasa atau layanan hasil produksi yang tidak laku.

Pembentuk Harga

Fungsi pasar berikutnya ialah sebagai pembentuk harga. Pasar merupakan tempat pertemuan antara penjual dan pembeli. Penjual akan menawarkan barang-barang dagangan dan jasa kepada pembeli. Kemudian pembeli akan menerima penawaran dari penjual jika barang atau jasa yang ditawarkan itu memang ia butuhkan.

Disini terjadilah tawar-menawar antara kedua belah pihak. Setelah muncul kesepakatan, terbentuklah persetujuan harga. Pada gilirannya, persetujuan harga ini menjadi standar harga pasar. Artinya, harga suatu barang berlaku di beberapa pasar.

Fungsi Pasar sebagai Sarana Promosi

Sebagai sarana promosi, pasar berfungsi memperkenalkan dan menginformasikan nilai guna suatu barang atau jasa (manfaatnya, keunggulannya, kekhasannya) kepada konsumen.

Promosi ini dilakukan dengan berbagai cara, asalkan dapat menarik minat konsumen untuk membelinya.

Pasar yang biasa digunakan sebagai tempat promosi adalah pasar yang bersifat pameran. Seperti: Festival Pekan Raya. Selain itu, di pasar-pasar sering kita jumpai stand-stand atau tempat khusus untuk memamerkan barang-barang khas daerah tertentu. Tempat khusus ini disebut showroom atau etalase.