Definisi Akuisisi

Definisi Akuisisi

Definisi Akuisisi

Definisi akuisisi adalah pengambilalihan sebagian perusahaan yang memegang perusahaan lainnya dengan motif ekonomi didalamnya. Alasannya dilakukan akuisisi adalah untuk mempercepat perkembangan unit perusahaan tanpa harus berkembang dari awal atau disebut juga sebagai inorganic growth.

Menurut PSAK (Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan), akuisisi (acqusition) adalah suatu penggabungan usaha di mana salah satu perusahaan yaitu pengakuisisi (acquirer) memperoleh kendali atas aktiva neto dan operasi perusahaan yang diakuisisi (acquiree), dengan memberikan aktiva tertentu, mengakui suatu kewajiban, atau mengeluarkan saham.

Tujuan Akuisisi

Akuisisi ialah pemindahan kepemilikan perusahaan atau aset (dalam industri perbankan terjadi apabila pembelian saham di atas 50%). Definisi akuisisi secara sederhana ialah pengambilalihan kepemilikan perusahaan atau aset.

Pastinya ada tujuan sendiri kenapa perusahan-perusahaan bisa diakuisisi oleh perusahaan lain. Berikut ini tujuan dari akuisisi bagi perusahaan-perusahaan berkembang:

  • Menambah sinergi perusahaan
    Pada umumnya akuisisi dilakukan untuk keuntungan dan nilai perusahaan yang akan naik karena perusahaan yang mengakuisisi.
  • Memperluas pasar
    Dengan cara memperluas pasar yang dijamahnya perusahaan akan berkembang. Tujuan dari akuisisi juga adalah agar pihak yang diakuisisi dapat menjadi perluasan pasar milik pihak yang mengakuisisi, baik di pasar jenis produk yang sama maupun berbeda.
  • Melindungi pasar
    Persaingan bisnis yang cukup ketat menjadi salah satu alasan dilakukannya akuisisi. Ketika sebuah perusahaan ingin memperkuat posisi pada pasar tertentu, mengakuisisi perusahaan pesaing dianggap dapat melindungi market yang ingin dikuasai.
  • Memperkuat bisnis
    Pengambilalihan perusahaan lain yang bergerak di bisnis yang sama pada akhirnya untuk memperkuat bisnis inti (core bussiness) suatu perusahaan sehingga menjadi lebih kuat dan besar.

Manfaat Akuisisi

Akuisisi ialah pengambilalihan sebagian besar (lebih dan 50%) atau seluruh kepemilikan suatu bank (acquisition). Meskipun demikian terjadi pengambilalihan, akuisisi memiliki beberapa manfaat dalam perkembangan bisnis perusahaan.

Menurut Bradley T Shapiro, manfaat akuisisi adalah seperti berikut:

  • Perusahaan akan mengalami tingkat pertumbuhan yang lebih cepat dalam bisnis sekarang ketimbang melakukan pertumbuhan secara internal.
  • Bagi perusahaan pengakuisisi dapat mengurangi persaingan bisnis dengan membeli beberapa badan usaha guna menggabungkan kekuatan pasar dan pembatasan persaingan.
  • Perusahaan pengakuisisi dapat memasuki pasar baru penjualan dan pemasaran sekarang yang selama ini belum dapat ditembus.
  • Adanya peningkatan managerial skill, yaitu bantuan manajerial mengelola aset-aset badan usaha.

Share this post