Pengertian Tesis

Tesis adalah suatu bentuk karya tulis ilmiah yang dibuat sesuai dengan program studi yang ditekuni. Untuk mendapatkan gelar pasca sarjana, seorang mahasiswa tingkat 2 atau yang sering disebut S2 menyelesaikan karya ilmiah tesis yang dibuatnya. Seluruh referensi yang dibutuhkan mahasiswa S2 untuk mendukung presentasi ujian sidang tesis kemahasiswaan.

Tata cara penulisan tesis dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar, wajib memenuhi kaidah Ejaan Yang Disempurnakan. Referensi untuk memenuhi teori yang mendukung karya tesis bisa diambil dari referensi dengan tulisan bahasa asing. Dan jangan lupa untuk melampirkan semua referensi yang diambil untuk tulisan karya tesis di daftar pustaka.

Karakteristik Tesis

  • Berfokus pada kajian mengenai salah satu isu sentral yang tercakup dalam salah satu disiplin ilmu pendidikan sesuai dengan program studi yang ditempuh
  • Merupakan pengujian empirik terhadap posisi teoritik tertentu
  • Menggunakan data primer sebagai data utama yang dapat di tunjang oleh data sekunder
  • Ditulis dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar, kecuali untuk program studi bahasa asing

Lama Waktu Penelitian

Lama waktu penelitian tesis disesuaikan dengan judul penelitian yang diambil dan mahasiswa tetap dibimbing oleh dosen untuk menilai dan mengarahkan penelitian. Hasil penelitian tesis kemudian dimasukkan kembali ke proposal tesis. Setelah semua siap, seorang mahasiswa harus menyajikan presentasi ujian sidang tesis untuk mendapatkan gelar pasca sarjana sesuai program studi mereka.

Presentasi Ujian Sidang Tesis Kemahasiswaan

Presentasi ujian sidang tesis di tingkat sarjana S2 lebih sulit karena mahasiswa kelak memegang gelar ahli berupa pasca sarjana, doktor dan/atau magister untuk fokus program studi yang dipelajari. Bukti kemampuan mahasiswa tingkat S2 dirangkum dalam penelitian dan pengembangan disiplin ilmu yang dituliskan dalam bentuk karya tesis.

Presentasi ujian sidang tesis adalah karya orisinal atau asli dan belum pernah diajukan untuk mendapatkan gelar tersebut. Tesis bukan pula tiruan karya orang lain yang pernah dipublikasikan, kecuali mencantumkan dengan jelas sumber acuan yang diambil dan ditulis di daftar pustaka.

Bagi yang mengembangkan penelitian dari karya tesis sebelumnya, sebaiknya meminta izin terlebih dahulu. Izin diberikan sebagai persetujuan dari penulis/peneliti untuk melanjutkan hasil penelitian karya tesis tersebut. Semua pelanggaran yang dilakukan karena tidak mematuhi kode etik disiplin ilmu mengakibatkan seseorang disebut sebagai plagiat atau penjiplak karya orang lain tanpa seizin penulis.