Beraneka ragamnya jenis pasar melahirkan keanekaragaman perannya. Akan tetapi, pada dasarnya pasar memiliki empat macam peranan berikut ini:

Peranan Pasar Bagi Produsen

Pasar mempunyai peranan yang amat besar bagi produsen. Produsen memproduksi barang dan jasa, bukan untuk dikonsumsi sendiri. Melainkan disebarluaskan untuk kepentingan dan kebutuhan pihak lain.

Hasil produksi tersebut kemudian ditawarkan oleh produsen kepada konsumen melalui pasar. Di pasar inilah, para produsen dapat memperkenalkan (mempromosikan) sekaligus menjual barang atau jasa, hasil produksinya kepada konsumen.

Pasar sangat diperlukan oleh produsen, bukan hanya sekadar sebagai tempat untuk menjual hasil produksi. Lebih daripada itu, produsen juga dapat memperoleh barang dan layanan (jasa) tertentu yang dapat dipakai untuk keperluan proses produksi. Dengan demikian, berkat bantuan pasar, produsen mampu mengembangkan usahanya. Semakin luas pasar, semakin luas pula kemungkinan produsen meningkatkan produksinya.

Peranan Pasar Bagi Konsumen

Konsumen sangat membutuhkan suatu pasar. Pasar merupakan tempat jual-beli barang dan jasa. Masing-masing konsumen mencari, memilih, dan membeli barang atau jasa menurut keperluannya. Barang dan jasa (layanan) yang dibutuhkan oleh konsumen akan dengan mudah diperolehnya di pasar, asalkan konsumen mampu membelinya.

Mempunyai Peran Bagi Pembangunan

Berkat pemerataan pembangunan, pasar dapat menunjang kelancaran pembangunan yang sedang berlangsung. Baik di kota maupun di desa, pasar sangat berperan dalam upaya meningkatkan pembangunan. Pembangunan memang tidak bisa mengabaikan peran sebuah pasar karena justru di pasarlah tersedia segala macam barang dan jasa yang bermanfaat dan perlu bagi pembangunan.

Memiliki Peran Bagi Sumber Daya Manusia

Memperluas pasar sama artinya dengan memperluas lapangan usaha. Akibatnya, terbuka dan terciptalah lapangan kerja baru. Semakin luas suatu pasar, tentunya semakin banyak tenaga kerja yang dibutuhkan.

Kenyataan tersebut memperlihatkan bahwa pasar dapat menyerap sumber daya manusia yang tidak sedikit. Pasar di bidang UMKM banyak menyerap tenaga kerja, mulai dari tenaga kerja profesional sampai tenaga administrasi. Oleh karena itu, dengan tenaga kerja yang diserapnya, pasar turut membantu mengurangi pengangguran dan kemiskinan dalam masyarakat.