Pengertian modal adalah kumpulan dari uang atau barang yang digunakan untuk menjalankan suatu usaha. Kata modal banyak digunakan dalam bisnis. Suatu bisnis pasti membutuhkan modal untuk menjalankannya. Modal biasanya dikaitkan dengan dana atau uang yang Anda miliki untuk memulai usaha secara mandiri. Misalnya, Anda ingin membuka usaha jualan Bakso, jualan Nasi Goreng, dsb, Anda membutuhkan modal berupa uang atau barang-barang untuk memulainya.

Barang-barang yang misalnya bisa digunakan untuk modal adalah barang yang memiliki nilai jual. Dalam kasus membuka usaha Bakso tersebut bisa berupa barang yang bisa digunakan untuk usaha seperti alat masak, meja, bangku, dan lain sebagainya. Bisa juga berupa barang yang dijual untuk mendapatkan uang sebagai modal. Nantinya uang tersebut digunakan untuk keperluan usaha tersebut.

Mendapatkan Modal untuk Bisnis

Beberapa pegawai atau karyawan tentu dengan mudahnya mendapatkan modal untuk memulai bisnisnya. Modal tersebut berasal dari gaji atau upah bulanan yang mereka terima. Dengan menyisihkan sebagian gaji mereka, tentu modal tersebut telah mereka peroleh dengan mudah.

Sedangkan, bagi orang yang tanpa pekerjaan dan ingin mendapatkan modal, mereka harus mendapatkan modal tersebut dari pihak lain. Modal yang mereka terima pun beragam sesuai dengan lingkup usaha mereka, apakah usaha mereka mikro, kecil atau menengah. Pinjaman modal yang mereka dapat haruslah mengikuti aturan dari pihak yang memberikan bantuan tersebut.

Manfaat Modal Bagi Perusahaan

Pengertian modal ialah uang yang dipakai sebagai pokok (induk) untuk berdagang, melepas uang, dan sebagainya; harta benda (uang, barang, dan sebagainya) yang dapat dipergunakan untuk menghasilkan sesuatu yang menambah kekayaan dan sebagainya.

Dalam menjalankan usaha, modal tersebut bisa digunakan untuk beberapa manfaat. Berikut ini adalah manfaat yang bisa Anda peroleh dari modal bagi perusahaan:

  • Sewa Tempat. Untuk membayar uang sewa tempat baik itu ruko atau gedung dibutuhkan modal. Nantinya tempat ini digunakan untuk usaha yang akan menghasilkan keuntungan.
  • Membeli Bahan Produksi. Darimana bahan produksi dibeli kalau tidak dari modal? Oleh sebab itu manfaat dari modal sangat terasa untuk membeli bahan produksi.
  • Gaji Karyawan. Pada awal menjalankan usaha, modal juga digunakan untuk menggaji karyawan. Kalau usaha sudah maju, maka keuntungan dari usaha tersebutlah yang digunakan untuk menggaji karyawan.
  • Simpanan. Modal juga digunakan sebagai simpanan dalam usaha. Ini karena tidak semua modal dialokasikan untuk keperluan usaha. Singkat kata, simpanan ini bisa digunakan juga sebagai dana darurat.