Pengertian Pendidikan

Pendidikan adalah pembelajaran pengetahuan, keterampilan dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya. Pendidikan disampaikan melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian. Setiap pengalaman yang memiliki efek formatif pada cara orang berpikir, merasa, atau tindakan dapat dianggap sebagai pendidikan

Apa itu Tauhid ?

Tauhid adalah konsep dalam aqidah Islam yang menyatakan keesaan Allah. Seorang muslim meyakini bahwa tauhid adalah dasar Islam yang paling agung dan hakikat Islam yang paling besar, dan merupakan salah satu syarat diterimanya amal perbuatan disamping harus sesuai dengan tuntunan Rasulullah.

Pendidikan Tauhid

Banyak orang yang mengaku Islam. Namun jika kita bertanya pada mereka, apa itu tauhid, bagaimana pendidikan tauhid yang benar, maka sedikit sekali dari mereka yang bisa menjawabnya.

Sungguh ironis melihat realita zaman now ini, dimana internet, penyanyi kpop, artis dan aktor film dijadikan panutan sehari-hari. Namun sangat disayangkan mereka tidak mengenal siapa Tuhan mereka sebenarnya? Mereka tidak tahu bagaimana menjalankan syariat Islam dengan benar sehingga mereka tidak terjerumus ke perbuatan syirik yang tidak mereka ketahui.

Sesungguhnya pendidikan tauhid adalah pendidikan yang paling mulia dan paling agung kedudukannya. Setiap muslim wajib mempelajari, mengetahui dan memahaminya.

Oleh karena itu, dengan mengajarkan pendidikan tauhid sejak kecil, anak akan belajar untuk mengetahui mana yang baik dan mana yang buruk untuk mereka.

Pendidikan Tauhid pada Anak

Pendidikan tauhid yang benar sejak dini pada anak akan melahirkan sikap jujur, patuh, lurus, tawakal dan keberanian yang bermoral.

“Dan (ingatlah) ketika Luqman berkata kepada anaknya, di waktu ia memberi pelajaran kepadanya: “Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan Allah, Sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar.” (QS. Luqman: 13)

“(Luqman berkata): “Hai anakku, Sesungguhnya jika ada (sesuatu perbuatan) seberat biji sawi, dan berada di dalam batu atau di langit atau di dalam bumi, niscaya Allah akan mendatangkannya (membalasinya). Sesungguhnya Allah Maha Halus lagi Maha Mengetahui.” (QS. Luqman: 16)

“Hai anakku, dirikanlah shalat dan suruhlah (manusia) mengerjakan yang baik dan cegahlah (mereka) dari perbuatan yang mungkar dan bersabarlah terhadap apa yang menimpa kamu. Sesungguhnya yang demikian itu termasuk hal-hal yang diwajibkan (oleh Allah).” (QS. Luqman: 17)