Cita-cita adalah impian atau keinginan yang ingin dicapai. Cita-cita bisa juga disebut sebagai prestasi. Setiap orang memiliki cita-cita yang ingin dicapai sejak kecil dan usaha untuk meraih cita-cita tersebut berbeda-beda untuk setiap orang.

Bila kita bertanya kepada seorang anak kecil, “apakah cita-citamu, nak?”. Kita mungkin mendapatkan sebuah jawaban, “pekerjaan” ataupun “tokoh super hero jagoan mereka”. Seorang anak kecil meniru apa yang mereka lihat dan perhatikan di sekitar mereka dan itulah jawaban yang mereka berikan untuk kita sebagai cita-cita.

Mereka ingin menjadi seorang dokter, pilot, tentara, astronot, perawat, polisi, penyanyi, guru, pelukis, dan sebagainya. Dan banyak diantara mereka juga ingin menjadi batman, superman, spiderman, putri Elsa, Putri Salju, Cinderella, dan sebagainya.

Cita-cita seorang anak adalah sebuah gambaran yang keren untuk mereka, dan suatu hal yang wajar untuk mereka.

Cita-cita mereka ingin menjadi dokter, polisi, tentara, dan sebagainya karena orang tua mereka seorang dokter, polisi, tentara, dan sebagainya. Mereka ingin menjadi pilot atau astronot karena mereka melihat luar angkasa yang begitu indah. Ataukah mereka ingin menjadi batman, superman, cinderella, dan sebagainya karena mereka ingin terlihat kuat, cantik, dan sebagainya dihadapan teman-teman mereka.

Gambaran cita-cita tersebut untuk anak adalah suatu hal yang wajar bagi mereka. Oleh karena itu, kewajiban dari orang tua dan guru di sekolah yang harus membimbing dan mengarahkan mereka.