Pengertian Keluarga

Keluarga adalah unit terkecil dari masyarakat yang terdiri atas kepala keluarga dan beberapa orang yang terkumpul dan tinggal di suatu tempat di bawah suatu atap dalam keadaan saling ketergantungan.

Menurut Salvicion dan Cells (1998) di dalam keluarga terdapat dua atau lebih dari dua pribadi yang tergabung karena hubungan darah, hubungan perkawinan atau pengangkatan, di hidupnya dalam satu rumah tangga, berinteraksi satu sama lain dan di dalam perannya masing-masing dan menciptakan serta mempertahankan suatu kebudayaan.

Peranan Keluarga

Peranan keluarga menggambarkan seperangkat perilaku antar pribadi, sifat, kegiatan yang berhubungan dengan pribadi dalam posisi dan situasi tertentu. Peranan pribadi dalam keluarga didasari oleh harapan dan pola perilaku dari keluarga, kelompok dan masyarakat.

Berbagai peranan yang terdapat dalam keluarga adalah sebagai berikut:

  • Ayah, sebagai suami dari istri dan ayah dari anak-anaknya, berperan sebagai pencari nafkah, pendidik, pelindung dan pemberi rasa aman, sebagai kepala keluarga, sebagai anggota dari kelompok sosialnya serta sebagai anggota masyarakat dari lingkungannya
  • Ibu, sebagai istri dan ibu dari anak-anaknya. Ibu mempunyai peran untuk mengurus rumah tangga, sebagai pengasuh dan pendidik anak-anaknya, pelindung dan sebagai salah satu kelompok dari peranan sosialnya serta sebagai anggota masyarakat dari lingkungannya. Disamping itu juga, ibu dapat berperan sebagai pencari nafkah tambahan dalam keluarganya
  • Anak-anak, melaksanakan peranan psikosial sesuai dengan tingkat perkembangannya, baik fisik, mental, sosial dan spritual.

Keluarga Sebagai Madrasah Pertama Untuk Anak

Keluarga sebagai madrasah pertama untuk anak, adalah tempat dimana anak pertama kali belajar. Berbahagialah keluarga yang sudah dikarunia anak. Sungguh itu merupakan karunia dan nikmat yang diberikan oleh Allah subhanahu wa ta’ala. Anak sebagai anggota keluarga menjadi suatu amanah terbesar yang diberikan Allah subhanahu wa ta’ala melebihi apapun.

Keluarga sebagai madrasah pertama untuk anak, mengajarkan anak untuk tumbuh soleh dan solehah sebagai anugerah terindah yang diberikan. Maka dari itu, orang tua benar-benar harus menjaga titipan Allah tersebut sebagai penyemangat dalam kehidupan sehari-hari.