Cara presentasi dengan laser pointer adalah cara atau metode pemberian presentasi dengan menggunakan laser pointer. Laser pointer dengan penunjuk laser memudahkan instruktur atau pemberi materi untuk menunjuk atau mengarahkan audiens saat pemberian materi.

Bila seorang guru menjelaskan materi pelajaran memakai penggaris papan tulis atau bolpen di papan tulis, seorang presenter membawakan presentasi menggunakan laser pointer di layar proyektor. Penggunaan penggaris papan tulis ataupun laser pointer dipakai untuk menunjukkan poin tertentu hal penting dari materi tersebut.

Cara presentasi dengan laser pointer kini banyak digunakan zaman sekarang ini. Cara ini diminati karena metode belajar mengajar mengalami perubahan sesuai perkembangan zaman.

Pelajaran atau bahan materi untuk di presentasikan cukup diketik menggunakan program Microsoft Office, khususnya menggunakan Microsoft Powerpoint dan hal inilah sangat disukai. Hal yang sangat disukai oleh guru/dosen atau selaku pembawa materi memudahkan mereka menuliskan presentasi mereka dengan laptop mereka. Begitu pula dengan audiens atau para pendengar yang menyimak materi presentasi tersebut.

Biaya membuat slide materi presentasi dengan Powerpoint murah bahkan tidak ada sama sekali. Karena Anda cukup memiliki laptop saja dan mulai untuk mengetikkan materi presentasi Anda di laptop Anda. Dengan demikian, biaya yang dikeluarkan seperti plastik OHP, pulpen permanen, spidol white board, dapat dipangkas karena Anda sekarang menyajikan presentasi dengan menggunakan slide powerpoint.

Penyajian presentasi juga telah mengalami perkembangan. Sekarang cara presentasi dengan laser pointer banyak dipakai oleh guru/dosen atau presenter yang membawakan presentasi. Laser pointer yang digunakan oleh mereka selain berfungsi sebagai pointer penunjuk, alat tersebut juga berfungsi sebagai remote kontrol presentasi mereka.

Dengan demikian, laser pointer presentasi yang digunakan tersebut selain berfungsi sebagai pointer penunjuk, digunakan juga sebagai remote kontrol untuk mengontrol penuh jalannya presentasi mereka.